SALESMAN
TIPS
Kunci dari
keberhasilan seorang salesman yaitu menumbuhkan kepuasan pelanggan. Tanpa adanya kemampuan, strategi dan
personality yang baik, sangat
tidak mungkin akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang berkesinambungan.
Seorang salesman haruslah mempunyai kualitas tertentu.
Merekalah yang diharapkan dapat memberikan arah bagi perkembangan
perusahaannya. Mereka pulalah yang menjadi motor penggerak suatu bisnis. Dalam
konteks dengan kepuasan pelanggan, maka ada beberapa karakteristik umum yang
biasanya dimiliki seorang salesman yang
menginginkan terjadinya kepuasan pelanggan di perusahaannya.
Pertama, setiap salesman umumnya mempunyai customer satisfaction
vision. Mereka memasukkan kepuasan pelanggan sebagai elemen utama dalam
memformulasikan visi perusahaannya. Mereka sangat percaya bahwa berorientasi
kepada pelanggan berarti berupaya kuat untuk memberikan kepuasan pelanggan yang
jauh lebih baik dari yang diberikan oleh pesaing. Mereka percaya, bahwa
kepuasan pelanggan adalah suatu visi yang perlu dicapai sebagai tujuan dalam
jangka panjang.
“No mistake,
100% kepuasan pelanggan, janji adalah hutang”. Jargon ini menggambarkan jangan main-main dengan kepuasan pelanggan”.
Karakter seorang salesman yang dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin
membangun kepuasan pelanggan adalah menjiwai bisnis. Mereka mencintai
bisnisnya. Mencintai bisnis yang digeluti, merupakan sumber energi yang penting
bagi seorang leader. Mereka akan sangat antusias bila bicara mengenai bisnis
yang dijalankannya.
Mengapa
energi seperti ini penting ? Kepuasan pelanggan adalah pekerjaan panjang.
Seringkali, seorang salesman yang
melakukan revolusi terhadap kepuasan pelanggan, baru merasakan adanya perubahan
setelah 3 tahun. Setelah itu, salesman harus
melihat kenyataan bahwa kepuasan pelanggan adalah pekerjaan yang tidak pernah
usai. Pelanggan berubah, demikian juga dengan sumber-sumber yang membuat
pelanggan puas juga berubah. Belum lagi, pesaing juga ikut menciptakan
harapan-harapan baru bagi pelanggan. Jadi, diperlukan salesman yang sanggup untuk berlari marathon.
Bedanya, mereka harus sadar, perjalanan untuk mempertahankan kepuasan pelanggan
adalah perjalanan yang tidak ada garis finisnya.
Seorang
salesman harus menyadari, bahwa
pelangganlah yang membuat karir kita di dunia penjualan bertumbuh. Jenjang karir, bonus dan berbagai hadiah, hanya dapat tercipta apabila pelanggan puas
dan menjadi loyal dengan kita sebagai tenaga penjual. Akhirnya,
dimulai dengan cintanya terhadap pekerjaaan dan bisnisnya, salesman akan
membuat standar yang baru dalam cara berjualan.
Bila perlu, buatlah suatu cara dan sttrategi serta semangat yang baru. Inilah yang
memungkinkan kita sebagai
salesman dapat memiliki kinerja yang jauh di atas
rata-rata pesaing kita.
Bagaimana
dengan cara jualan Anda ?
Jalan panjang kepuasan pelanggan akan banyak hambatan selama kita tidak memiliki
oprientasi pada kepuasan
pelanggan
Berikut salah satu
contoh cerita yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan
Seorang Sales Manager melakukan proses interview kepada 2 kandidat
salesman. Lalu sang Manager mulai bertanya kepada kandidat ke-1“Mengapa saya
harus merekrut Anda?”Jawab kandidat pertama dengan nada yang
sedikit sombong “Saya punya puluhan tahun pengalaman di dunia sales mulai dari asuransi,
otomotif, bank, dll”
Meskipun memiliki segudang pengalaman sang Manager tampaknya masih kurang terkesan.
Meskipun memiliki segudang pengalaman sang Manager tampaknya masih kurang terkesan.
Sang Manager masih ingin mencoba melakukan tes untuk kandidat ke-2.
Dengan pertanyaan yang sama dia bertanya “Mengapa saya harus merekrut Anda?” Lalu jawab kandidat ke-2
dengan mimik wajah yang tulus “Saya senang membantu orang lain, Saya suka pekerjaan yang sifatnya
bertemu orang banyak, Saya senang melayani orang, dan ini yang membuat saya
ingin mencoba di dunia sales meskipun saya tidak memiliki puluhan tahun
pengalaman”
Untuk lebih meyakinkan keputusannya, sang Manager mencoba membiarkan kedua kandidat melakukan percobaan menjual kepada pelanggan selama 1 hari. Setelah dievaluasi secara mengejutkan keduanya berhasil menjual dalam jumlah sama. Karena Sang Manager hanya butuh 1 salesman maka dia memutuskan untuk merekrut kandidat yang ke-2.
pengalaman”
Untuk lebih meyakinkan keputusannya, sang Manager mencoba membiarkan kedua kandidat melakukan percobaan menjual kepada pelanggan selama 1 hari. Setelah dievaluasi secara mengejutkan keduanya berhasil menjual dalam jumlah sama. Karena Sang Manager hanya butuh 1 salesman maka dia memutuskan untuk merekrut kandidat yang ke-2.
Kemudian Direktur Utama menanyakan ke sang Manager, apa alasan Anda
merekrut kandidat ke-2, padahal dia tidak memiliki pengalaman.Yang menjadi
alasan utama saya, jawab sang Manager adalah :”Perusahaan kita mencari Salesman yang
tidak hanya menjual, tapi juga mau melayani pelanggan, dan saya melihat
kandidat ke-2 memiliki itu. Kandidat ke-1 memang memiliki pengalaman, tapi
semangat melayani tidak terlihat, dan saya tidak yakin akan ada repeat order”
Apa yang bisa kita pelajari dari cerita diatas ?
Apa yang bisa kita pelajari dari cerita diatas ?
Salesman tidak hanya bertugas Menjual, tapi juga Melayani.
Jika kita seorang salesman yang memiliki puluhan tahun pengalaman, kita sebenarnya sudah memiliki modal, tetapi semua pengalaman tidak menjamin
dalam menjual jika dari dalam diri tidak ada semangat melayani.
Jika kita seorang Sales Manager yang memiliki banyak tim sales, Bangun tim kita sebagai Good Service Sales Team. Karena dengan Good Service, maka Good
Sales Result akan mengikuti. Jika kita memiliki salesman yang pandai, mengerti product knowledge, apakah dia sudah baik dalam hal
Service ?
Banyak orang berpikir bagian Melayani Customer itu adalah pekerjaan
Customer Service bukan pekerjaan seorang salesman. Seorang salesman hanya fokus
kepada bagaimana terus menciptakan penjualan.Jika Anda juga berpikir hal yang
sama, lebih baik Anda mengubahnya karena tanpa service, tidak ada sales, tidak
ada repeat order, tidak ada yang namanya customer satisfaction.
Jumlah salesman yang mengerti seluk beluk produknya tergolong dalam
mayoritas, tapi jumlah salesman yang mengerti bagaimana membuat customernya
senang masih dalam golongan minoritas. kita mau ikut golongan yang mana ?
Pemahaman yang baik dengan produk yang dijual hukumnya wajib. Dan
pemahaman akan produknya akan sia-sia jika tidak didukung dengan pelayanan yang
baik dari salesman.
Semoga bermanfaat ya...
Ali Busro
Sales is My Middle Name..
Selamat Jualan hari ini....
Dan jangan lupa bergabung dengan Tips jualan ala salesman di Halaman FB :
BERIKUT
KATALOG BEBERAPA PT.VICTORY COSMETINDO
DAN KUNJUNGI
BLOG PRODUKNYA DIBAWAH INI
INGIN TAHU
BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”
Simak
Infonya berikut ini :
Klik :
JETTSTREE
HAIR MASK HARGA Rp.50.000/Pack
INGIN
MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?
SUSUT PERUT
5-10 cm DALAM SEBULAN ?
Simak
Infonya berikut ini :
Klik :
OLIVETREE DIET TEA HARGA Rp.30.000/Pack
OLIVETREE HERBAL TEA HARGA Rp.40.000/Pack
OLIVETREE SLIMMING HERBS Rp.35.000/Pack
PUNYA
MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES
DIET PASCA
MELAHIRKAN
NIKMATI
SENSASI TEH PUTIH
Simak
Infonya berikut ini :
Klik :
OLIVETREE
WHITE TEA HARGA Rp.45.000/Pack
ANDA INGIN
KEMBALI SEPERTI GADIS ? DI SAYANG PASANGAN ?
BEBAS DARI
KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU ?
INI DIA ,
OLIVETREE VIRGIN TEA TEH SARI RAPET
HARGA
Rp.30.000/pack
MASALAH
DENGAN JERAWAT DAN FLEK HITAM?
OLIVETREE
RICE MASK – MASKER BERAS
HARGA
Rp.30.000/Pack
ITULAH SALAH
SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO
MAU TAU
PRODUK LAINNYA
Simak
Infonya berikut ini :
Klik :
LIPUTAN PRODUK
JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189
TABLOID AGRINA EDISI 189
NOVEMBER
2012
bener banget tuh, saya adalah seorang marketer juga, saya sedang terus belajar untuk mengerti pelanggan dan belajar lebih bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan lebih baik.
BalasHapus