Senin, 03 Desember 2012

SALESMAN TIPS


SALESMAN TIPS

 

Kunci dari keberhasilan seorang salesman yaitu menumbuhkan kepuasan pelanggan. Tanpa adanya kemampuan, strategi dan personality yang baik, sangat tidak mungkin akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang berkesinambungan.

 

Seorang salesman haruslah mempunyai kualitas tertentu. Merekalah yang diharapkan dapat memberikan arah bagi perkembangan perusahaannya. Mereka pulalah yang menjadi motor penggerak suatu bisnis. Dalam konteks dengan kepuasan pelanggan, maka ada beberapa karakteristik umum yang biasanya dimiliki seorang salesman yang menginginkan terjadinya kepuasan pelanggan di perusahaannya.

 

Pertama, setiap salesman umumnya mempunyai customer satisfaction vision. Mereka memasukkan kepuasan pelanggan sebagai elemen utama dalam memformulasikan visi perusahaannya. Mereka sangat percaya bahwa berorientasi kepada pelanggan berarti berupaya kuat untuk memberikan kepuasan pelanggan yang jauh lebih baik dari yang diberikan oleh pesaing. Mereka percaya, bahwa kepuasan pelanggan adalah suatu visi yang perlu dicapai sebagai tujuan dalam jangka panjang.

 

“No mistake, 100% kepuasan pelanggan, janji adalah hutang”. Jargon ini menggambarkan jangan main-main dengan kepuasan pelanggan”.

 

Karakter seorang salesman yang dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin membangun kepuasan pelanggan adalah menjiwai bisnis. Mereka mencintai bisnisnya. Mencintai bisnis yang digeluti, merupakan sumber energi yang penting bagi seorang leader. Mereka akan sangat antusias bila bicara mengenai bisnis yang dijalankannya.

 

Mengapa energi seperti ini penting ? Kepuasan pelanggan adalah pekerjaan panjang. Seringkali, seorang salesman yang melakukan revolusi terhadap kepuasan pelanggan, baru merasakan adanya perubahan setelah 3 tahun. Setelah itu, salesman harus melihat kenyataan bahwa kepuasan pelanggan adalah pekerjaan yang tidak pernah usai. Pelanggan berubah, demikian juga dengan sumber-sumber yang membuat pelanggan puas juga berubah. Belum lagi, pesaing juga ikut menciptakan harapan-harapan baru bagi pelanggan. Jadi, diperlukan salesman yang sanggup untuk berlari marathon. Bedanya, mereka harus sadar, perjalanan untuk mempertahankan kepuasan pelanggan adalah perjalanan yang tidak ada garis finisnya.

 

Seorang salesman harus menyadari, bahwa pelangganlah yang membuat karir kita di dunia penjualan bertumbuh. Jenjang karir, bonus dan berbagai hadiah, hanya dapat tercipta apabila pelanggan puas dan menjadi loyal dengan kita sebagai tenaga penjual. Akhirnya, dimulai dengan cintanya terhadap pekerjaaan dan bisnisnya, salesman  akan membuat standar yang baru dalam cara berjualan.

 

Bila perlu, buatlah suatu cara dan sttrategi serta semangat  yang baru. Inilah yang memungkinkan kita sebagai salesman  dapat memiliki kinerja yang jauh di atas rata-rata pesaing kita.

 

Bagaimana dengan cara jualan  Anda ? Jalan panjang kepuasan pelanggan akan banyak hambatan selama kita tidak memiliki oprientasi pada kepuasan pelanggan

 

Berikut salah satu contoh cerita yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan

 

Seorang Sales Manager melakukan proses interview kepada 2 kandidat salesman. Lalu sang Manager mulai bertanya kepada kandidat ke-1“Mengapa saya harus merekrut Anda?”Jawab kandidat pertama dengan nada yang sedikit sombong “Saya punya puluhan tahun pengalaman di dunia sales mulai dari asuransi, otomotif, bank, dll”

Meskipun memiliki segudang pengalaman sang Manager tampaknya masih kurang terkesan.

 

Sang Manager masih ingin mencoba melakukan tes untuk kandidat ke-2. Dengan pertanyaan yang sama dia bertanya “Mengapa saya harus merekrut Anda?” Lalu jawab kandidat ke-2 dengan mimik wajah yang tulus “Saya senang membantu orang lain, Saya suka pekerjaan yang sifatnya bertemu orang banyak, Saya senang melayani orang, dan ini yang membuat saya ingin mencoba di dunia sales meskipun saya tidak memiliki puluhan tahun
pengalaman”

Untuk lebih meyakinkan keputusannya, sang Manager mencoba membiarkan kedua kandidat melakukan percobaan menjual kepada pelanggan selama 1 hari. Setelah dievaluasi secara mengejutkan keduanya berhasil menjual dalam jumlah sama. Karena Sang Manager hanya butuh 1 salesman maka dia memutuskan untuk merekrut kandidat yang ke-2.

 

Kemudian Direktur Utama menanyakan ke sang Manager, apa alasan Anda merekrut kandidat ke-2, padahal dia tidak memiliki pengalaman.Yang menjadi alasan utama saya, jawab sang Manager adalah :”Perusahaan kita mencari Salesman yang tidak hanya menjual, tapi juga mau melayani pelanggan, dan saya melihat kandidat ke-2 memiliki itu. Kandidat ke-1 memang memiliki pengalaman, tapi semangat melayani tidak terlihat, dan saya tidak yakin akan ada repeat order”

Apa yang bisa kita pelajari dari cerita diatas ?

Salesman tidak hanya bertugas Menjual, tapi juga Melayani.

Jika kita seorang salesman yang memiliki puluhan tahun pengalaman, kita sebenarnya sudah memiliki modal, tetapi semua pengalaman tidak menjamin dalam menjual jika dari dalam diri tidak ada semangat melayani.

Jika kita seorang Sales Manager yang memiliki banyak tim sales, Bangun tim kita sebagai Good Service Sales Team. Karena dengan Good Service, maka Good Sales Result akan mengikuti. Jika kita memiliki salesman yang pandai, mengerti product knowledge, apakah dia sudah baik dalam hal Service ?

 

Banyak orang berpikir bagian Melayani Customer itu adalah pekerjaan Customer Service bukan pekerjaan seorang salesman. Seorang salesman hanya fokus kepada bagaimana terus menciptakan penjualan.Jika Anda juga berpikir hal yang sama, lebih baik Anda mengubahnya karena tanpa service, tidak ada sales, tidak ada repeat order, tidak ada yang namanya customer satisfaction.

 

Jumlah salesman yang mengerti seluk beluk produknya tergolong dalam mayoritas, tapi jumlah salesman yang mengerti bagaimana membuat customernya senang masih dalam golongan minoritas. kita mau ikut golongan yang mana ?

 

Pemahaman yang baik dengan produk yang dijual hukumnya wajib. Dan pemahaman akan produknya akan sia-sia jika tidak didukung dengan pelayanan yang baik dari salesman.

 
Semoga bermanfaat ya...


Ali Busro

Sales is My Middle Name..

Selamat Jualan hari ini....
Dan jangan lupa bergabung dengan Tips jualan ala salesman di Halaman FB :





BERIKUT KATALOG BEBERAPA  PT.VICTORY COSMETINDO

DAN KUNJUNGI BLOG PRODUKNYA DIBAWAH INI

 

INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


JETTSTREE HAIR MASK HARGA Rp.50.000/Pack

INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?

SUSUT PERUT 5-10 cm DALAM SEBULAN ?

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


OLIVETREE DIET TEA HARGA Rp.30.000/Pack

OLIVETREE HERBAL TEA HARGA Rp.40.000/Pack

OLIVETREE SLIMMING HERBS Rp.35.000/Pack

PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES

DIET PASCA MELAHIRKAN

NIKMATI SENSASI TEH PUTIH

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


OLIVETREE WHITE TEA HARGA Rp.45.000/Pack

ANDA INGIN KEMBALI SEPERTI GADIS ? DI SAYANG PASANGAN ?

BEBAS DARI KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU ?

INI DIA , OLIVETREE VIRGIN TEA TEH SARI RAPET

HARGA Rp.30.000/pack

MASALAH DENGAN JERAWAT DAN FLEK HITAM?

OLIVETREE RICE MASK – MASKER BERAS

HARGA Rp.30.000/Pack

ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO

MAU TAU PRODUK LAINNYA

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189

NOVEMBER 2012

1 komentar:

  1. bener banget tuh, saya adalah seorang marketer juga, saya sedang terus belajar untuk mengerti pelanggan dan belajar lebih bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan lebih baik.

    BalasHapus