Sabtu, 29 Desember 2012

TIPS MEMULAI PRESENTASI JUALAN


TIPS MEMULAI PRESENTASI JUALAN

 

Hal yang paling penting dari seorang sales person adalah saat dia melakukan presentasi di mana tahapan awal untuk pengenalan product dari dagangan yang ia jual.Oleh karena kesan pertama yang masuk kedalam benak prospek atau calon pembeli  yang akan menentukan apakah mereka tertarik atau tidak untuk melakukan transaksi pembelian.

 

Ada beberapa manfaat , mengapa presentasi begitu  sangat penting dalam sebuah proses penjualan :

 

1. Untuk menarik perhatian calon pembeli - Secara fisik, calon pembeli anda bisa saja berada didalam ruangan tempat anda melakukan presentasi, akan tetapi pikiran mereka bisa menjelajah kemana saja. Keahlian dalam membawa sebuah presentasi ini sangat penting untuk menarik perhatian dari calon pembeli sehingga focus mereka akan mengarah kepada anda.Dengan demikian maka, akan lebih mudah untuk memasukan informasi kedalam pikiran calon pembeli anda jikalau focus mereka berada didalam presentasi tersebut.

 

2. Untuk membangun kepercayaan dari sebuah barang atau jasa yang di tawarkan. Dalam sebuah presentasi akan memberikan berbagai informasi kebutuhan utama dari calon pembeli atas apa yang dimiliki oleh barang atau jasa yang di tawarkan seorang sales person.

 

3. Mengenal kemampuan dan qualitas dari produk atau jasa yang di tawarkan termasuk mengenal lebih dalam kapasitas seorang sales person dalam kapasitasnya menjual.

 

4. mengetahui kebutuhan utama dari calon pembeli dan bagaimana kemampuan daya beli dari prospek tersebut serta bagai kondisi persaingan yang sebenarnya di hadapi oleh sales person tersebut.

 

 

PERSIAPAN SEBELUM MEMULAI PRESENTASI 


Ada beberapa langkah yang harus di siapkan Sebelum memberikan presentasi di antaranya

1.     Persiapan perlengkapan  seperti materi presentasi ( contoh product ), copy file untuk calon pembeli, dan lain lain. Pastikan alat atau tools dari semua peralatan yang akan kita gunakan untuk melakukan presentasi sudah bisa berfungsi dengan baik.

2.     Jangan terlambat, datang minimal 1 jam sebelum presentasi di mulai agar bisa menyiapkan presentasi tersebut.

3.     Pelajari gaya, watak, kesibukan dan kebutuhan calon pembeli sebelumnya. Lalu buat materi presentasi sesuai dengan apa yang bisa kita peroleh dari informasi yang telah berhasil kita kumpulkan tersebut

4.     Tuangkan materi prsentasi dalan bentuk yang tergambarkan secara nyata dan menarik perhatian calon pembeli. Sehingga pembeli bisa menembus atau merasakan secara langsung bahwa produk atau jasa yang kita tawarkan merupakan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

5.     Percaya diri. Dengan kelengkapan dan kematangan kita dalam mempersiapkan sebuah presentasi akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi. Dan akan mempercepat proses koneksitas.

 

Berikut ini  Cara memulai sebuah presentasi yang dapat menarik perhatian calon pembeli anda

1. Visual Impact

Adalah sebuah teknik pembuka dimana anda memperlihatkan dampak secara Visual sehingga menarik perhatian calon pembeli dan menjadi jembatan untuk masuk kepada penjelasan tentang topic yang akan dibahas.

 

2. Powerful Question

Teknik ini Anda memberikan sebuah permasalahan yang sedang terjadi dimana presentasi yang akan anda lakukan merupakan solusi dari permasalahan tersebut.

 

3.Role Play

Teknik peragaan, untuk beberapa product , bisa dilakukan sebuah teknik peragaan yang bisa memberikan gambaran kepada calon pembeli seputar fungsi dan cara kerja produk.

 

 

Semoga bermanfaat ya...

 

Ali Busro

Sales is My Middle Name..

Selamat Jualan hari ini....
Dan jangan lupa bergabung dengan Tips jualan ala salesman di Halaman FB :


 

 
Buat yang ingin mengatasi rambut uban bisa klik :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar