Sabtu, 05 Maret 2011

Cara Membuat Proposal

Membuat Proposal Usaha / Business Plan
Sebelum memulai sebuah usaha atau bisnis , langkah awal yang bisa dilakukan untuk merealisasikan usaha tersebut adalah membuat proposal usaha atau sering disebut Business Plan. Proposal usaha sangat penting untuk barometer perjalanan usaha yang ingin di capai. Selain itu proposal usaha memiliki fungsi sebagai alat untuk mencari partner dan investor dalam pengembangan sebuah usaha.

Ada 7 hal penting yang harus di perhatikan dalam membuat proposal usaha yaitu :
1.      Halaman judul dan daftar isi
Pada halaman depan perlu di tuliskan nama proposal usaha dalam huruf besar serta di cantumkan nama pembuat proposal. Daftar isi adalah judul setiap bagian dengan nomor halaman, tanpa setiap orang bingung ketika membacanya
2.      Ringkasan usaha
Rencana usaha dalam bentuk satu halaman ringkasan mengenai esensi dari isi rencana usaha. Ringkasan akan memberikan gambaran kepada setiap orang yang membacanya secara cepat dan tepat dalam menyerap inti sari dari perencanaan usaha yang telah disusun. Ringkasan di buat sedemikian menarik agar para pembacanya akan mencari informasi penting dan tercakup di dalam proposal tersebut.
3.      Analisis situasi
Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam membuat perencanaan usaha. Karena kemampuan analisis usaha menggambarkan kesiapan seseorang dalam menjalankan sebuah usaha. Analisis situasi meliputi Ancaman, Kelemahan, Kesempatan dan kekuatan dari usaha yang akan di jalankan. Hal tersebut harus mencakup produk, harga , promosi dan distribusi serta pihak yang akan menjalankan usaha tersebut. Dari hal tersebut kita akan mengetahui target pasar yang akan kita kejar dan siapa saja pesaing usaha di bisnis yang akan kita jalani. Serta kita akan mengetahui berapa besar gross margin dari produk kita tersebut.
4.      Tujuan dan target usaha
Target dan tujuan usaha harus jelas dan terukur. Ketika kita memproduksi produk sekian banyak maka kita harus menargetkan seberapa lama produk tersebut harus laku terjual. Sifat dari tujuan usaha harus objektif, sasaran akan menjelaskan “ kemana kita akan pergi dan kapan kita akan sampai pada tempat tujuannya.”
5.      Strategi usaha
Strategi merupakan sesuatu yang kita perlukan untuk mencapai sasaram yang telah ditetapkan. Jika sasaran adalah tempat yang ingin di tuju maka strategiadalah rute yang mesti di ambil untuk mencapai tempat tersebut. Jika sasarannya meluncurkan product baru maka tahap awalnya adalah menciptakan keberadaan product / jasa agar di kenal dengan calon pelanggan. Buatlah program agar calon pelanggan mau mencoba product atau jasa yang akan di jual. Selanjutnya membuat strategi agar bagaimana para pelanggan setelah mencoba mau untuk membeli ulang product / jasa tersebut.
6.      Taktik pelaksanaan
Taktik merupakan langkah langkah yang lebih khusus untuk mencapai sasaran yang sudah di tetapkan. Untuk usaha retail misalnya yang memrlukan bantuan toko maka buatlah program trade promo untuk para pedagang. Apabila product tersebut langsung ke konsumen atau pelanggan maka bisa menggunakan program promo khusus ke pelanggan.
7.      Anggaran investasi dan operasi usaha
Setiap perencanaan investasi dan operasi usaha pasti memerlukan biaya. Dan biaya tersebut harus di rinci secara detail seperti rencana penjualan,harga pokok penjualan, rencana biaya operasional,rencana tenaga kerja,rencana investasi dan lain lain. Hal tersebut harus tertuang dalam proyeksi neraca, proyeksi rugi laba dan cash flow.


KATALOG PRODUK DAN PELUANG USAHA PT.VICTORY COSMETINDO
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES
PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO
MAU TAU PRODUK LAINNYA
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189
NOVEMBER 2012


PT. Victory Cosmetindo
Office : Jl. Keadilan no. 4 – 5, Depok 16434, INDONESIA
Telp: 085218797227 E-mail: sales@victorycosmetindo.com
Website: www.victorycosmetindo.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar