Selasa, 28 Februari 2012

MENGENAL DAN MEMAHAMI CUSTOMER

Dear Sales Person..

Teringat sebuah tulisan yang di pasang hampir di setiap ruang kerja divisi penjualan yaitu " Customer adalah Raja " . Memang untuk saat ini saya tidak ingin berpolemik soal tulisan itu, karena ketika Customer adalah teman , bisa saja penjualan akan menjadi lebih bagus lagi...

Sebagai tenaga penjual yang profesional , saya mengartikan " Customer adalah Raja bahwa karena mereka raja, maka mereka ingin dikenal , mereka ingin di dengarkan, mereka ingin di perhatikan , diberikan pelayanan service yang sempurna dan selalu ingin dibenarkan.

Dalam dunia penjualan , kita mengenal 2 tipe konsumen yaitu :
  1. Konsumen Baru : Konsumen yang membeli produk / jasa untuk pertama kalinya ATAU mempertimbangkan untuk membeli produk / jasa lain karena produk / jasa yang ia gunakan sekarang kurang memuaskan atau tidak bisa memenuhi kebutuhannya.
  2. Konsumen Tetap : Konsumen yang telah memilih untuk menggunakan produk / jasa tertentu, dan sedang melakukan pembelian ulang dari merek yang sama untuk mengganti produk/jasa yang sudah habis di konsumsi sesuai dengan kebutuhannya.
Setiap tenaga penjual harus bisa memahami kesiapan dari konsumen / customer yang akan di tindak lanjuti, agar proses presentasi penawaran berjalan dengan baik dan lancar. Seorang konsumen / customer memiliki tahapan dalam kesiapannya untuk menentukan produk atau jasa yang akan dipilihnya dalam memenuhi kebutuhannya. Tahapan tersebut yaitu :
  • Konsumen selalu memulai dengan pemilihan , tidak serta merta memutuskan untuk membeli produk / jasa tertentu
  • Dalam pemilihannya mereka melalui tahapan psikologis yang ditimbulkan dari beberapa faktor pemicu seperti harga, merek, program berhadiah /promosi, relationship dll.
  • Konsumen / customer mengambil banyak pertimbangan sebelum mengambil keputusan untuk memilih salah satu produk atau jasa dari sekian banyak pilihan. Akhir dari tahapan tersebut yaitu KEPERCAYAAN yang timbul secara psikologis untuk memilih.
  • Calon Konsumen - Memperhatikan -Tertarik - Menimbang nimbang - Ingin dan Yakin - Tindakan pembelian.
Setelah memahami gambaran tahapan yang dilalui oleh konsumen / customer maka seorang sales person/tenaga penjual HARUS bisa membantu seorang konsumen melalui tahapan psikologis ini sehingga konsumen / customer dapat membuat keputusan yang benar dengan membeli produk yang benar sesuai kita tawarkan kepadanya. Ketika hal ini tidak bisa di jalankan oleh seorang sales person/tenaga penjual maka yang akan terjadi adalah Konsumen / customer akan membatalkan transaksi karena ragu ragu Atau customer akan menghabiskan banyak waktu untuk membandingkan produk sehingga waktu yang terbuang oleh sales person dalam menggarap prospek terlalu banyak di habiskan secara tidak effektif dan effisien.

YANG HARUS DI INGAT :
Customer / konsumen , tidak mencari produk terbaik tetapi dia mencari produk yang paling bisa memenuhi kebutuhannya. karenanya adalah SANGAT PENTING bagi sales person atau tenaga penjual untuk mengenali / menggali kebutuhan customer / konsumen yang di kejarnya. Setiap kali presentasi / penawaran yang di lakukan oleh tenaga penjual / sales person harus berusaha menjawab kebutuhan tersebut.

Tugas dari sales person sebagai tenaga penjual harus mampu menciptakan ikatan untuk komunikasi dan menjelaskan gagasan dasar anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengajukan pertanyaan untuk menggali kebutuhan serta buatlah pertanyaan yang menggugah dan membuat konsumen / customer tersebut teribat dalam percakapan komunikasi. Dan yang terpenting buatlah komunikasi 2 arah dan DENGARKAN.

Pastikan bahwa apa yang kita sampaikan merupakan solusi bagi kebutuhannya. Selanjutnya tekankan pada benefit / keuntungan dan tunjukan superioritas produk / jasa. Setelah itu maka kita pasti CLOSING.

Demikianlah sedikit kilasan bagaimana mengenal konsumen / customer . Karena tanpa mengenal siapa dan bagaimana mereka maka kita sebagai sales person akan menemui berbagai kesulitan. Percayalah bahwa saat ini persaingan antar merek, produk , bisnis dan usaha semakin sulit dan terbuka.Kini Konsumen dan customer diberikan tingkat keleluasaan yang semakin bebas dan luas untuk memilih berbagai produk sehingga berdampak semakin kritisnya konsumen menentukan pilihannya. lalu dengan kondisi tersebut kita sebagai sales person / tenaga penjual hanya mengandalkan merek ternama saja???

Simak sesi selanjutnya " Bagaimana mengatasi keberatan customer / pelanggan ? "
Semoga bermanfaat..Salam sukses jualan anda hari ini, minggu ini, bulan ini dan tahun ini!!

apakah anda ingin tampil lebih percaya diri, sempurna , cantik dan tampan rupawan?
yang Pasti Bebas dari flek hitam, Rambut putih berUBAN, Kulit kering keriput akibat penuaan dini, dan lain lain..
Nah Kini menjadi jauh lebih mudah mengatasi berbagai permasalahan tersebut bersama Victory Distribution.
Klik informasinya di

KATALOG PRODUK DAN PELUANG USAHA PT.VICTORY COSMETINDO

KLIK DISINI :

JETTSTREE HAIR MASK

Solusi Herbal Untuk mengatasi Rambut Uban dalam 7 hari

WEBSITE PRODUK HERBAL UBAN KLIK :







OLIVETREE DIET TEA & JETTSTREE DIET TEA FOR MEN

HERBAL PENURUN BERAT BADAN 5-12KG / Bulan

WEBSITE PRODUK PENURUN BERAT BADAN KLIK :





OLIVETREE WHITE TEA

TEH PUTIH CELUP PREMIUM

Suplemen kesehatan Multifungs

WEBSITE PRODUK TEH PUTIH KLIK :






Peluang Usaha dan Program Reseller 2012


Inilah Peluang Usaha dan bisnis NYATA Bersama PT. VICTORY COSMETINDO yang memberi kesempatan kepada Anda untuk menghasilkan uang lebih cepat dari bisnis rata-rata. Produknya unik dan langka, berkualitas tinggi dan punya daya jual yang sangat tinggi.


Untuk saat ini bisnis KECANTIKAN DAN NUTRISI KESEHATAN sangat cemerlang, dan terbuka sangat luas pasar nya seiiring dengan meningkatkan kebutuhan masyarakat akan product product herbal kesehatan dan kecantikan. Dengan keunikan dari aneka produk yang kami produksi maka kami yakin bagi siapa saja yang ingin memulai sebuah bisnis yang mudah dan menguntungan bisa di lakukan dengan PASTI bersama kami.


Produk Unggulan PT.Victory Cosmetindo


PT.Victory Cosmetindo memproduksi dan mendistribusikan beberapa produk unggulan yaitu : JETTSTREE HAIR MASK produk herbal untuk mengatasi rambut uban. Menurut anda , seberapa banyak orang disekitar anda yang memiliki masalah dengan rambut uban ?? dan OLIVETREE dengan beberapa variant produk yaitu produk OLIVETREE untuk diet ( OLIVETREE DIET TEA, OLIVETREE HERBAL TEA dan OLIVETREE SLIMMING HERBS ), OLIVTREE WHITE TEA merupakan teh putih multi khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit, OLIVETREE RICE MASK merupakan masker beras untuk mengatasi flek hitam , jerawat dan mencegah keriput.


MEKANISME MENJADI RESELLER


Berikut ini merupakan tahap pendaftaran sebagai mitra usaha yaitu :

· langkah pertama calon mitra melakukan pendaftaran kepada PT.Victory Cosmetindo melalui email sales@victorycosmetindo.com atau sms 085218797227 termasuk informasi nama dan alamat lengkap mitra usaha atau format [ nama_lokasi usaha_alamat email ]

· Calon mitra akan mendapatkan penawaran dan informasi seputar produk dan sisitem keuntungan dari agen / reseller


Nah, tunggu apalagi segera bergabung bersama PT.Victory Cosmetindo untuk memulai sebuah usaha dan bisnis . SelanjutnyaApabila ada yang ingin di tanyakan seputar produk victory cosmetindo maka kami persilahkan menghubungi kami melalui email : sales@victorycosmetindo.com atau Telp : 085218797227.


Regards

PT.Victory Cosmetindo

Office / Factory :

Jl.Keadilan Raya No.4-5 , Depok – Jawa Barat

Website :

Email : sales@victorycosmetindo.com

NPWP: 31.283.655.4-412.00



Regards


Ali Busro
Praktisi Penjualan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar