Dear Colleagues and friends
Ditengah tengah pertumbuhan pasar global saat ini, pertumbuhan ekonomi menjadi begitu pesat. Akibatnya persaingan tidak lagi dapat di bendung. Begitu banyak product product yang bermunculan dari berbagai industri untuk memenuhi kebutuhan para konsumen atau pasar. Sehingga Para konsumen di beri ruang bebas untuk memilih dan menentukan. Faktor tersebut Menciptakan ruang pasar yang begitu sempit dan kompetisi menjadi tidak relevan.
Dalam satu jenis industri saja misalkan industri otomotive. Di dalamnya sudah di isi dengan berbagai merek dengan kategori productnya masing masing. Mulai dari kendaran buatan jepang, eropa, amerika, korea sampai malaysia sekalipun masuk kedalam pasar tersebut di indonesia. Coba di bayangkan 1 merek memiliki berapa cabang kantor pemasaran? 1 kantor cabang memiliki berapa orang sales person?
Atau andaikan kita jalan jalan ke modern market seperti hero, indomaret, apotik century, alfa mart ataupun carrefour . Apabila kita masuk ke dalam satu area blok saja contohnya kategori minuman. Ada berapa merek minuman yang tersedia di rak rak tersebut? Kalo ke apotik, ada berada merek farmasi yang tersedia di rak rak tersebut?
Rasanya semua industri saat ini sudah tidak lagi dapat di bendung, tumbuh sangat cepat. Dan pada akhirnya terbentuklah kompetisi bisnis yang kian dinamik, dan pastinya seorang sales person pun akan semakin bersaing satu sama lain secara ketat.
Ditengah persaingan tersebut, Coba kita bayang kan, ada berapa jumlah sales person di jakarta? Coba bayangkan jumlah sales person yang menjual product yang sama di jakarta?
Luar biasa ternyata jawabannya begitu banyak...
Jadi apa yang bisa di lakukan oleh seorang sales person menghadapi itu semua ? Karena Biar bagaimanapun seorang sales person akan selalu di tuntut untuk mengejar pertumbuhan yang langgeng dan menguntungkan melalui pertarungan dan perebutan pangsa pasar demi keunggulan yang kompetitif dan differensiasi.
Lalu Apa korelasi blue ocean strategy dengan kebutuhan seorang sales person? blue ocean strategy merupakan salah satu gagasan manajemen strategi yang Digagas oleh profesor asal Korea, Chan Kim dan rekannya dari Perancis Renee Mauborgne, Tujuan dari strategi ini ingin mengajarkan kepada kita tentang bagaimana memenangkan kompetisi bisnis yang kian dinamik melalui diferensiasi atau perbedaan yang inovatif serta tidak terpikirkan oleh kompetitor.
Bahasa gampangnya TAMPIL BEDA, TAMPIL YANG TIDAK BIASA BIASANYA. Tawarkan sesuatu yang tidak biasa, tawarkan sesuatu yang berbeda.
Contoh yang pernah saya jalani ketika saya menjadi sales of the year di sebuah industri media dari kisah blue ocean ini misalnya dapat saya ceritakan kisah keberhasilan saya dalam merebut hati konsumen dengan PERANG PERMEN ATAU CANDY WARS ala ali busro.
Dulu sebelum cara ini muncul, Para sales person media selalu menggunakan cara cara berjualan jenis konvensional seperti menelephone, mengirim serta memberikan surat perkenalan maupun penawaran . Adalagi yang memberikan bingkisan serta hadiah persahabatan. Saya melihat itu merupakan cara cara lama , dan hampir di pakai oleh kebanyakan sales person.
Lalu terlintas pada saat itu ” bagaimana saya bisa TAMPIL BEDA , DAN AKAN SELALU TERINGAT OLEH KLIEN?”
Saat itu juga Tuhan memberikan saya ilham untuk membuat konsep pemasaran blue ocean melalui kemasan CANDY WARS ala ali busro. Yaitu sebuah permen yang di kemas dan di sajikan untuk klien dengan Personal branding ” Bicara Media ada Radio..., Bicara Radio...ada Ali Busro ” ( Permen di strepless dengan guntingan kertas full colors yang di tulis personal tag line dan no telp ).
Konsep awal dari sebuah permen :
Permen kecil , satu bungkus isinya banyak, harganya murah, dan bisa di nikmati oleh orang banyak. Dan permen selalu di buka bungkusnya sebelum di makan. Oleh sebab itu ketika permen di strepless dengan kertas branding kita maka kertas tersebut akan di baca. Pada akhirnya pesan yang ingin di sampaikan kepada konsumen bisa di terima.
Memang sebuah konsep simple dan sederhana tapi berbeda. Dan ternyata strategi itu saya terapkan di saat dan tempat yang tepat sehingga mendapat respon positif. Hasil akhirnya , penjualan saya meningkat serta gelar Sales of the year pun saya pegang selama 2 tahun berturut turut sebelum saya mendapat job promotion.
Langkah sederhana menjalankan strategi Blue Ocean yaitu :
- Cari Tau terlebih dahulu apa kekuatan serta kekurangan yang ada pada kita ( Karakter, modal, knowledge, kepercayaan diri )
- Cari Tau apa yang biasa di kerjakan kompetitor kita sesama sales person
- Cari tau apa yang di suka klien, konsumen, prospect
- Cari tau apa yang tidak di suka klien, konsumen, prospect
- Cari tau apa yang sedang trend saat ini.
- Baca buku, buka internet, jalan jalan ke mall
- Lakukan, jangan banyak berpikir, Jangan tunda lagi
Kisah Candy Wars adalah sepenggal cerita tentang bagaimana konsep blue ocean strategy di jalankan dalam menempuh jalan menjadi seorang juara sejati. Cerita ini diawali dengan bagaimana kejelian melihat potensi konsumen yang selama ini diabaikan oleh para kompetitor sesama sales person.
Dan kemudian setelah semua itu terlaksana maka segera disertai dengan penawaran produk dengan sempurna , konsep ini di mulai dengan Cara yang unik, inovatif dan berbeda (different) dengan yang selama ini ada di tengah persaingan sesama sales person.
Melalui cara itulah, para sales person yang menggunakan blue ocean strategy bisa menciptakan peluang baru, menjangkau klien, konsumen, prospect yang tidak pernah tersentuh dan sekaligus membuat persaingan semakin seru. Atau mungkin lebih tepatnya : Sales person akan menjadi juara yang tak terkalahan.
Apakah anda, saya, dan para sales person ingin product – dagangan – barang jualannya laku terjual dan melambung?
Tampilah beda dan kreatif serta inovatif ..
Selamat menjalani hari ini , selamat berjualan
Ali Busro
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES
PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO
MAU TAU PRODUK LAINNYA
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189
TABLOID AGRINA EDISI 189
NOVEMBER 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar