Minggu, 19 Juni 2011

3 Komponen Sukses Dalam Menjual

Dear Sales Person...

Ada sebuah pertanyaan " kenapa lebih banyak tenaga penjual yang GAGAL , di bandingkan dengan tenaga penjual yang SUKSES ?". Selama bertahun tahun saya menekuni bidang ini, saya mengerti bahwa ternyata banyak sekali tenaga penjual yang tidak memahami komponen komponen yang harus di jalani dalam proses penjualan.

Pada dasarnya terdapat 3 komponen SUKSES dalam menjual yaitu :
  1. Penguasaan Materi ( Product Knowledge ) . Setiap sales person atau tenaga penjual wajib menguasai produk yang di jual. hal ini bisa di peroleh melalui Training, belajar dengan atasan dan rekan sejawat. Setiap sales person dituntut untuk mengetahui A-Z mengenai produk tersebut mulai dari kelebihan maupun kekuranganya. Dan lebih baik lagi apabila juga mengetahui produk kompetitor. Informasi seputar produk merupakan gambaran yang menjadi senjata jualan ke konsumen yang di tuju.
  2. Kemampuan komunikasi . Sebagai ujung tombak sebuah pemasaran produk, sales person dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik . Hal tersebut memang sudah menjadi tugas mereka untuk menyampaikan informasi kepada konsumen sehingga informasi tersebut menjadi sebuah kebutuhan bagi konsumen. Dasar dasar kemampuan komunikasi di landasi oleh beberapa hal yaitu :
    • Pengetahuan mengenal konsumen
    • Komunikasi tatap muka
    • Menjual secara persuasif
    • Mengatasi keberatan calon pembeli
  3. Penampilan. Tugas utama seorang tenaga penjual adalah memasarkan produk atau jasa kepada konsumen. Oleh sebab itulah frekwensi bertemu dengan banyak orang sangatlah sering. Semakin banyak bertemu orang maka semakin besar peluang anda untuk mencapai target penjualan yang telah di tentukan. Dalam hal ini penampilan merupakan salah satu faktor utama dalam keberhasilan tenaga penjual dalam memberikan kesan positif dan keyakinan kepada konsumen untuk memulai sebuah hubungan penjualan. Seorang tenaga penjual / sales person harus bisa mengadaptasi penampilan sesuai dengan kriteria produk atau jasa yang di tawarkan.
Demikianlah dasar dasar pengetahuan yang wajib di ketahui oleh seorang sales person. Semoga secangkir kopi ini bisa bermanfaat untuk para sales person dalam menuju sebuah perbaikan kinerja penjualan yang lebih baik lagi. Dan yang paling penting closing bulan ini akan berdampak luar biasa untuk penjualan anda..

Ingatlah bahwa Menjual adalah pekerjaan yang menyenangkan, penuh tantangan, dan tidak membosankan serta hasilnya bagaikan melukis di atas kanvas yang bisa di nikmati tanpa batas..

Nikmati sesi pembelajaran selanjutnya, " Bagaimana Memahami dan mengenal Customer "...
 

Sukses Selalu...

Ali Busro
SALESMAN

KATALOG PRODUK DAN PELUANG USAHA PT.VICTORY COSMETINDO
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES
PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO
MAU TAU PRODUK LAINNYA
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189
NOVEMBER 2012


PT. Victory Cosmetindo
Office : Jl. Keadilan no. 4 – 5, Depok 16434, INDONESIA
Telp: 085218797227 E-mail: sales@victorycosmetindo.com
Website: www.victorycosmetindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar