Minggu, 19 Juni 2011

Bagaimana Memahami dan mengenal Customer

Dear Sales Person..

Teringat sebuah tulisan yang di pasang hampir di setiap ruang kerja divisi penjualan yaitu " Customer adalah Raja " . Memang untuk saat ini saya tidak ingin berpolemik soal tulisan itu, karena ketika Customer adalah teman , bisa saja penjualan akan menjadi lebih bagus lagi...

Sebagai tenaga penjual yang profesional , saya mengartikan " Customer adalah Raja bahwa karena mereka raja, maka mereka ingin dikenal , mereka ingin di dengarkan, mereka ingin di perhatikan , diberikan pelayanan service yang sempurna dan selalu ingin dibenarkan.

Dalam dunia penjualan , kita mengenal 2 tipe konsumen yaitu :
  1. Konsumen Baru : Konsumen yang membeli produk / jasa untuk pertama kalinya ATAU mempertimbangkan untuk membeli produk / jasa lain karena produk / jasa yang ia gunakan sekarang kurang memuaskan atau tidak bisa memenuhi kebutuhannya.
  2. Konsumen Tetap : Konsumen yang telah memilih untuk menggunakan produk / jasa tertentu, dan sedang melakukan pembelian ulang dari merek yang sama untuk mengganti produk/jasa yang sudah habis di konsumsi sesuai dengan kebutuhannya.
Setiap tenaga penjual harus bisa memahami kesiapan dari konsumen / customer yang akan di tindak lanjuti, agar proses presentasi penawaran berjalan dengan baik dan lancar. Seorang konsumen / customer memiliki tahapan dalam kesiapannya untuk menentukan produk atau jasa yang akan dipilihnya dalam memenuhi kebutuhannya. Tahapan tersebut yaitu :
  • Konsumen selalu memulai dengan pemilihan , tidak serta merta memutuskan untuk membeli produk / jasa tertentu
  • Dalam pemilihannya mereka melalui tahapan psikologis yang ditimbulkan dari beberapa faktor pemicu seperti harga, merek, program berhadiah /promosi, relationship dll.
  • Konsumen / customer mengambil banyak pertimbangan sebelum mengambil keputusan untuk memilih salah satu produk atau jasa dari sekian banyak pilihan. Akhir dari tahapan tersebut yaitu KEPERCAYAAN yang timbul secara psikologis untuk memilih.
  • Calon Konsumen - Memperhatikan -Tertarik - Menimbang nimbang - Ingin dan Yakin - Tindakan pembelian.
Setelah memahami gambaran tahapan yang dilalui oleh konsumen / customer maka seorang sales person/tenaga penjual HARUS bisa membantu seorang konsumen melalui tahapan psikologis ini sehingga konsumen / customer dapat membuat keputusan yang benar dengan membeli produk yang benar sesuai kita tawarkan kepadanya. Ketika hal ini tidak bisa di jalankan oleh seorang sales person/tenaga penjual maka yang akan terjadi adalah Konsumen / customer akan membatalkan transaksi karena ragu ragu Atau customer akan menghabiskan banyak waktu untuk membandingkan produk sehingga waktu yang terbuang oleh sales person dalam menggarap prospek terlalu banyak di habiskan secara tidak effektif dan effisien.

YANG HARUS DI INGAT :
Customer / konsumen , tidak mencari produk terbaik tetapi dia mencari produk yang paling bisa memenuhi kebutuhannya. karenanya adalah SANGAT PENTING bagi sales person atau tenaga penjual untuk mengenali / menggali kebutuhan customer / konsumen yang di kejarnya. Setiap kali presentasi / penawaran yang di lakukan oleh tenaga penjual / sales person harus berusaha menjawab kebutuhan tersebut.

Tugas dari sales person sebagai tenaga penjual harus mampu menciptakan ikatan untuk komunikasi dan menjelaskan gagasan dasar anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengajukan pertanyaan untuk menggali kebutuhan serta buatlah pertanyaan yang menggugah dan membuat konsumen / customer tersebut teribat dalam percakapan komunikasi. Dan yang terpenting buatlah komunikasi 2 arah dan DENGARKAN.

Pastikan bahwa apa yang kita sampaikan merupakan solusi bagi kebutuhannya. Selanjutnya tekankan pada benefit / keuntungan dan tunjukan superioritas produk / jasa. Setelah itu maka kita pasti CLOSING.

Demikianlah sedikit kilasan bagaimana mengenal konsumen / customer . Karena tanpa mengenal siapa dan bagaimana mereka maka kita sebagai sales person akan menemui berbagai kesulitan. Percayalah bahwa saat ini persaingan antar merek, produk , bisnis dan usaha semakin sulit dan terbuka.Kini  Konsumen dan customer diberikan tingkat keleluasaan yang semakin bebas dan luas untuk memilih berbagai produk sehingga berdampak semakin kritisnya konsumen menentukan pilihannya. lalu dengan kondisi tersebut kita sebagai sales person / tenaga penjual hanya mengandalkan merek ternama saja???

Simak sesi selanjutnya " Bagaimana mengatasi keberatan customer / pelanggan ? "
Semoga bermanfaat..Salam sukses jualan anda hari ini, minggu ini, bulan ini dan tahun ini!!

 
Regards


Ali Busro
SALES PERSON

KATALOG PRODUK DAN PELUANG USAHA PT.VICTORY COSMETINDO
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES
PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO
MAU TAU PRODUK LAINNYA
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189
NOVEMBER 2012


PT. Victory Cosmetindo
Office : Jl. Keadilan no. 4 – 5, Depok 16434, INDONESIA
Telp: 085218797227 E-mail: sales@victorycosmetindo.com
Website: www.victorycosmetindo.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar