Sabtu, 04 Juni 2011

Cara Ampuh Jualan untuk Penjual Pemula

Dear Sales Persons..

Ini merupakan edisi perdana untuk kolom " Ilmu Penjualan " di alibusro.blogspot.com . Sedikit memperkenalkan diri kembali bahwa saya Ali Busro bisa di katakan seorang yang sangat mencintai pekerjaan sebagai seorang tenaga penjual..
Kenapa? karena buat saya menjual bagaikan melukis di atas canvas yaitu hasilnya bisa di nikmati tanpa batas..
Mungkin sebagian orang sedikit merasa cukup aneh, takut, malu atau tidak pernah terbayangkan sama sekali untuk menempati posisi sebagai seorang penjual atau salesman atau pedagang atau penjaga toko sekalipun..hal tersebut wajar saja terjadi karena banyak alasan dan wacana mengenai pekerjaan tersebut..

Dalam edisi perdana ini , saya coba memberi gambaran bagaimana memulai pekerjaan sebagai tenaga penjual bagi para pemula yang saat ini sedang coba coba atau baru memasuki dunia penjualan. Tujuannya adalah supaya para penjual akan mendapati sebuah pemahaman yang luar biasa akan pekerjaan ini...

Sebenarnya jenis semua pekerjaan adalah sama, ketika kita serius dan menekuninya maka kita pasti akan berhasil . Sebagai contoh banyak petani yang sukses , pedagang eceran yang bisa menjadi raja kecil di daerahnya..Oleh sebab itu kita harus memulai segala sesuatu yang kita akan jalani  dengan fokus, serius, bertanggung jawab dan siap dengan segala sesuatunya ..

Khusus bagi pemula yang ingin menekuni bidang penjualan berikut ini merupakan tips ampuh yang pernah saya jalani ketika saya memulai nya :

1. Bangun Komitmen

Ketika memulai pekerjaan sebagai penjual, langkah awal yang dibutuhkan adalah komitmen yang besar. karena Sebagai tenaga penjual kita akan di hadapi stress dan tekanan yang luar biasa . Oleh sebab itu sangat di butuhkan komitmen untuk mempertahankan kekuatan kita untuk mengalahkan berbagai tekanan tersebut.

2. Fokus

kebanyakan para pemula GAGAL di bidang ini karena diantara mereka masih atau selalu melihat pekerjaan lain yang di anggap lebih nyaman dan menyenangkan. Saya selalu percaya untuk mengusai 1 jenis produk penjualan  perlu proses pembelajaran di lapangan paling cepat sekitar 2 tahun. Artinya ketika seorang sales person baru menimba ilmu selama kurang dari waktu tersebut bisa dikatakan belum sepenuhnya sempurna. Oleh sebab itu, bagi para pemula di harapkan belajar melatih titik fokus untuk sebuah qualitas penjualan yang sempurna dengan hasil yang maksimal sesuai dengan target yang telah di tetapkan.

3. Belajar

Sehebat apapun seseorang dengan tingkat pendidikan yang di milikinya, dalam dunia penjualan sangat lah penting bagi pemula untuk melewati sebuah proses belajar. Pembelajaran tersebut mencakup banyak hal seperti apa dan bagaimana produk yang akan di jual, pemilihan konsumen yang akan kita kejar, cara mendapatkan prospek dan melakukan pendekatannya serta banyak hal yang harus di pelajari. Pembelajaran tersebut bisa diperoleh dengan belajar di lapangan, dengan senior atau diskusi dengan rekan rekan lainnya. Intinya mulailah pekerjaan jualan dengan belajar tanpa harus takut gagal.

4. Disiplin

kebanyakan dari penjual baik itu senior maupun junior GAGAL dikarenakan mereka sering kali menganggap mudah pekerjaan ini sehingga mereka menjadi tidak disiplin . Ketika kita sulit mengatur tingkat kedisplinan diri kita sendiri maka bagaimana kita mau mencapai target yang telah di tentukan?

5. Atur Strategi

Setiap sales person memiliki strategi dan cara yang berbeda beda namun satu tujuan yaitu mencapai target yang telah di tetapkan. untuk itu bagi pemelu coba perhatikan senior senior anda dengan cara dan strateginya masing masing. setelah itu cara yang paling mudah yaitu rangkum menjadi satu berbagai strategi tersebut dan kita sempurnakan untuk kita jalankan sendiri..

6. Ciptakan kompetisi dan Target

Sebagai pemicu , sebagai setiap sales person harus memiliki barometer keberhasilan. Dan barometer keberhasilan selain target yang di tentukan , kompetisi juga bisa di gunakan menjadi barometer tersebut. Persaingan antar sales person bisa menjadi pemicu ampuh untuk kita bergerak karena hampir sebagian besar orang yang masuk ke dunia penjualan memiliki sifat dasar sebagai pejuang yang selalu siap untuk bertanding dalam meraih kemenangan..

Nah, demikianlah sedikit tips untuk para pemula yang akan menjadi senior dan ahli penjualan. Semoga tips ini bermanfaat. Percayalah ketika anda mengusai bidang ini maka anda tidak akan pernah takut untuk menghadapi hidup, apalagi kalau orientasi kita SUKSES DAN KAYA. Tetap semangat....


Regards


Ali Busro
SALESMAN

KATALOG PRODUK DAN PELUANG USAHA PT.VICTORY COSMETINDO
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES
PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO
MAU TAU PRODUK LAINNYA
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189
NOVEMBER 2012


PT. Victory Cosmetindo
Office : Jl. Keadilan no. 4 – 5, Depok 16434, INDONESIA
Telp: 085218797227 E-mail: sales@victorycosmetindo.com
Website: www.victorycosmetindo.com

1 komentar:

  1. saya baru terjun kedunia penjualan, saya jadi spm salah satu prodak elektronik buatan china. kesuliatan saya saat ini meyakinkan pembeli ttng prodak buatan china. mohan masukkanya.

    BalasHapus