Kamis, 03 November 2011

Kiat sukses jualan

Dear Kolega

Dalam menjalani profesi kita sebagai seorang sales person,pebisnis, pedagang atau apapun namanya yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam memasarkan maupun menjual sebuah produk dan jasa maka di butuhkan keterampilan yang harus kita kuasai.
Dalam era persaingan yang semakin ketat dan perubahan yang terus terjadi, tentunya keterampilan , kreativitas, dan kerja keras sangat diperlukan di setiap organisasi. Namun, sering terjadi, keterampilan, kreativitas dan kerja keras yang kita jalani tidak menghasilkan apa apa hanya karena kita tidak piawai membuatnya didengar dan didukung. Sehingga sering kali membuat kita terjebak di dalam keadaan situasi terkotak kotak.
Banyak sales person tidak bisa menjalani kepiawaiannya dalam menjual. Beberapa karena keburu takut ditolak, beberapa yang lain karena tidak mau meluangkan waktu dan energi untuk mempersiapkan cara yang efektif. Dan Ada juga yang tidak tahu sama sekali bagaimana cara menjual yang benar dan tepat sasaran.
Untuk bisa menjual dengan hasil yang maksimal, dibutuhkan usaha khusus. Sering kali sales person terlebih dahulu menyalahkan pihak lain jika terjadi kegagalan dalam pencapaian target penjualan. Sebenarnya sudah sangat jelas,  Jangan harap orang akan memberi penghargaan kepada kita bila kita sendiri tidak memahami apa kemauannya yaitu “ MENCAPAI TARGET PENJUALAN “. Cara cara keterampilan, kreativitas dan usaha yang telah kita lakukan sebaiknya bisa diuji dan setiap saat di evaluasi. Setiap langkah yang sudah diuji akan jauh lebih baik dibandingkan dengan yang belum diuji.
Di bawah ini adalah beberapa kiat untuk menjual supaya menghasilkan hasil yang optimal.
Kreativitas Menentukan
Ketika mengevaluasi suatu ide, biasanya kita cenderung melihat: apakah ide ini cocok saya gunakan untuk menarik perhatian pelanggan saya?, apakah kapasitas saya bisa menjalani ide ini? Apakah yang harus saya persiapkan untuk menjalankan ide ini?
Bila pengalaman dan kreativitas kita belum terbangun, ada baiknya kita mencari orang yang lebih berpengalaman untuk mengevaluasi, memberikan masukan, dan menjadi orang yang akan membawa ide kita ke orang-orang yang perlu diyakinkan.
Pahami dasar dasar teknik penjualan
Pelanggan biasanya tidak hanya melihat harga atau biaya di balik sebuah penawaran, tetapi juga sisi lain cukup memiliki peranan penting dalam memutuskan sebuah pembelian. Membangun perhatian yang kuat, yang menunjukkan bagaimana sebuah pelayanan akan memecahkan masalah yang relevan dan penting dalam pemenuhan kebutuhan pelanggan, hal tersebut akan sangat membantu membuat ide kita diterima. Berikan sesuatu yang mudah diingat dan dibicarakan. Dan banyak teknik tenik dasar penjualan lainnya. ( anda bisa simak di blog ini juga )
Pemahaman pelanggan
Pelanggan yang merupakan Pengambil keputusan akan melihat bagaimana kita menjual dari perspektifnya. Karena itu, seorang sales person harus paham betul akan kondisi dan keadaan pelanggannya yang sedemikian rupa sehingga menjawab kebutuhan bisnis yang bersangkutan. Tentunya hal tersebut akan sangat menolong bila kita mengenal para pelanggan yang akan membeli produk atau jasa dari kita misalnya bagaimana temperamennya, kebutuhannya, dan preferensi mereka. Dengan menempatkan diri kita di posisi mereka dan mencoba untuk membayangkan bagaimana reaksi kita bila ada di posisi mereka, maka kita bisa mengantisipasi dan menjawab penolakan-penolakan yang mungkin timbul.
Secara umum seorang sales person harus memiliki beberapa fokus kerja dalam menjalankan sebuah kreativitas yang membantu sebuah proses penjualan yaitu di antaranya :
·         Apakah kreativitas, keterampilan dan cara ini akan meningkatkan nilai penjualan saya?
·         Dampaknya seperti apa jika saya mengerjakan ini semua?
·         Dapatkah semua ini dijalankan?
·         kapan menjalankan cara ini?
·         Apakah pelanggan bisa mengerti dan menerima cara ini?
·         Apakah pelanggan akan membelinya?
Hadapi Masalah
Jangan menganggap ringan potensi masalah yang bisa timbul. Antisipasi berbagai problem dari awal dan bersiaplah dengan respon yang meyakinkan. Kita bisa minta pendapat orang-orang yang kita percaya untuk memberikan masukan tentang batu sandungan yang mungkin timbul.
Dalam proses penjualan Bersiaplah dengan penolakan namun yang harus kita ingat bahwa adanya masalah dalam proses penjualan bukan akhir dari segalanya.  Karena setiap masalah yang di hadapi merupakan sebuah gerbang yang lebih besar kemungkinannya untuk membuat kita sukses.
Bila potensi penolakannya terus berulang maka sebaiknya evaluasi langkah tersebut dan  gunakan Salah satu cara untuk mengurangi risiko dengan memulai cara dan langkah yang berbeda.
Bangun Momentum agar Bergerak Maju
Sepanjang usaha dan langkah kita di rasa on track / sesuai maka perhatikan reaksi dari tiap hasil penjualan yang telah berhasil kita jual. Yakinkan keragu-raguan yang selama ini kita hadapi telah terjawab dengan baik. Bila belum terjawab, sepakati tindak lanjut yang akan dilakukan untuk menjawabnya dengan usaha yang lebih giat, kreativitas yang menarik dan keterampilan yang terus di uji.
Pada akhir nya setelah apa yang kita jalankan dengan maksimal maka manfaat yang bisa dicapai dan  dibangun akan terjawab dengan semua usaha kita, serta alasan kenapa  kita pantas untuk mendapatkan penghargaan.
Jangan biarkan momentum yang telah terbangun menjadi mentah kembali. Kita perlu pantang menyerah, tetapi jagalah agar tetap semangat, terus bekerja dan belajar serta sabar dalam meraihnya.
Selamat jualan, ciptakan cara baru, keterampilan baru dan omset baru...
Dan nimati terus alibusro.blogspot.com

Salam sukses

Ali Busro
KATALOG PRODUK DAN PELUANG USAHA PT.VICTORY COSMETINDO
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES
PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO
MAU TAU PRODUK LAINNYA
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189
NOVEMBER 2012

PT. Victory Cosmetindo
Office : Jl. Keadilan no. 4 – 5, Depok 16434, INDONESIA
Telp: 085218797227 E-mail: sales@victorycosmetindo.com
Website: www.victorycosmetindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar