Minggu, 14 November 2010

Menjadi Pemimpin Sejati :: Secangkir Kopi ala Ali busro ::

Dear colleagues and friends

Hari ini Saya kembali mengulas soal kisah tentang terjebaknya penambang Chili menjadi perhatian di dunia. Kisah tentang bagaimana mereka terjebak, lama mereka terjebak, cara bertahan hidup, cara penyelamatan, perhatian presiden Sebastian Pinera, kepemimpinan Liz Urzua sebagai kepala/pemimpin, popularitas presiden yang melonjak melalui kejadian ini, adalah beberapa perhatian penduduk Chili dan bahkan sampai penduduk seluruh dunia.

Kapsul yang mengangkat pekerja dari perut bumi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam setiap penyelamatan 1 orang. Tim penyelamat sendiri memiliki kriteria tertentu dalam proses penyelamatan itu. Menurut Menteri Kesehatan Chile, Jaime Manalich, pekerja yang diangkat pertama adalah yang memiliki kondisi fisik dan mental terbaik diantara yang lainnya. Orang pertama ini yang kemudian akan membuktikan kepada para pekerja yang masih di bawah bahwa kapsul tersebut aman untuk dinaiki.Kemudian, sepuluh orang berikutnya adalah yang terlemah atau memiliki gangguan kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, infeksi pernafasan dan iritasi kulit. Menurut laporan keluarga korban yang tidak ingin disebutkan namanya, orang terakhir yang diangkat adalah Luiz Urzula, kepala tim ketika pekerja tersebut terkubur.

Sosok Luiz Urzula merupakan satu contoh nyata dan bukti dari seorang pemimpin sejati..

kasus Luiz Urzula mengenai KEPEMIMPINAN  membuktikan bahwa sesungguhnya jiwa sosok pemimpin sejati tidak ditentukan oleh pangkat atau pun jabatan seseorang.

Kepemimpinan adalah sesuatu yang muncul dari dalam diri dan merupakan buah dari hasil keputusan seseorang untuk menjadi pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, bagi keluarganya, bagi lingkungan pekerjaannya, maupun bagi lingkungan sosial dan bahkan bagi negerinya. Dan setiap orang berhak untuk menjadi pemimpin sejati...

Hal ini dikatakan dengan lugas oleh seorang jenderal dari Angkatan Udara Amerika Serikat:”I don’t think you have to be wearing stars on your shoulders or a title to be a leader. Anybody who wants to raise his hand can be a leader any time.”—General Ronal Fogleman, US Air Force.

Menjadi sosok Luiz Urzula adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Dan  sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang. Ketika seseorang menemukan visi dan misi dalam hidupnya, itulah yang terjadi pada Luiz Urzula

Apa yang telah di perbuat Luiz Urzula ketika terjadi kedamaian dalam diri inner peace dan membentuk bangunan karakter yang kokoh, ketika setiap ucapan dan tindakannya mulai memberikan pengaruh kepada lingkungannya, dan ketika keberadaannya mendorong perubahan dalam teamnya, pada saat itulah seseorang lahir menjadi pemimpin sejati.

Ketika pada suatu hari filsuf besar Cina, Lao Tsu, ditanya oleh muridnya tentang siapakah pemimpin yang sejati, maka dia menjawab: “As for the best leaders, the people do not notice their existence. The next best, the people honour And praise. The next, the people fear, And the next the people hate. When the best leader’s work is done, The people say, ‘we did it ourselves”.

Dalam kehidupan nyata Justru seringkali kita menemui seorang pemimpin sejati tidak diketahui keberadaannya oleh mereka yang dipimpinnya. Bahkan ketika misi atau tugas terselesaikan, maka seluruh anggota tim akan mengatakan bahwa merekalah yang melakukannya sendiri.

Luiz Urzula sebagai contoh figur sebagai Pemimpin sejati yang merupakan seorang pemberi semangat encourager, motivator, inspirator, dan maximizer. Konsep pemikiran seperti ini adalah sesuatu yang baru dan mungkin tidak bisa diterima oleh para pemimpin konvensional yang justru mengharapkan penghormatan dan pujian (honor and praise) dari mereka yang dipimpinnya. Semakin dipuji bahkan dikultuskan, semakin tinggi hati dan lupa dirilah seorang pemimpin. Justru kepemimpinan sejati adalah kepemimpinan yang didasarkan pada kerendahan hati (humble).

Apabila kita ingin menjadi seorang pemimpin untuk diri kita sendiri, orang lain, keluarga, teman , team , organisasi atau perusahaan. Maka kita beranikan diri untuk mem  Buka mata hati lebar-lebar , mulai mendengarkan dan menerima serta berbagi dengan tulus sehingga apapun yang akan kita jalani dapat dipahami serta di terima oleh semua pihak .


Ada satu quote yang dikatakan oleh John Maxwell: ”The only way that I can keep leading is to keep growing. The day I stop growing, somebody else takes the leadership baton. That is the way it always it.” Satu-satunya cara agar kita tetap menjadi pemimpin adalah kita harus senantiasa bertumbuh. Ketika kita berhenti bertumbuh, orang lain akan mengambil alih kepemimpinan tersebut.

Setiap orang di lahirkan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi Pemimpin Sejati..

Semoga Para kolega bisa menjadi Pemimpin yang terbaik, Pemimpin Sejati untuk diri kita sendiri, orang lain , keluarga, maupun banyak orang serta bermanfaat dan memiliki kontribusi yang maksimal untuk kehidupan yang lebih baik lagi...


Nikmati terus sajian khas berselera Secangkir kopi ala Ali Busro , Berbagai motivasi, tips dan trik seputar dunia penjualan, Radio dan dunianya , info product dan promosi serta berbagai cerita pengalaman sukses dari orang orang terkenal. Semua di rangkum di dalam Alibusro.blogspot.com…


Selamat Menjalani hari, Selamat Bekerja,


Ali Busro
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”

Simak Infonya berikut ini :

Klik :



INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES

PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO

MAU TAU PRODUK LAINNYA

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189

NOVEMBER 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar