Kamis, 18 November 2010

Strategi 4 P untuk Sales Person

Dear colleagues and friends

Sebelum menjadi seorang sales person yang handal dan ternama, banyak langkah dan strategy yang harus di tempuh. Dan hampir kebanyakan sales person yang juara di bidangnya memiliki diferensiasi atau BERBEDA dengan lain.

Untuk menempuh langkah tersebut seorang sales person bisa mengambil stratgey marketing 4 P atau yang lebih di kenal Product, Price, Place dan Promotion.

Untuk 4 P di sini saya tidak akan mengulas mengenai product marketing serta penjabarannya. Namun 4 P yang akan saya jabarkan merupakan sebuah bentuk aplikasi ke dunia sales atau penjualan dan lebih tepatnya lagi Strategy 4 P untuk di gunakan seorang sales person dalam proses menjadi seorang sales person yang handal dan juara di bidangnya.

Pengertian Secara umum mengenai 4 P yaitu :

Strategi Produk – Product. Melibatkan keputusan perancangan terhadap barangan dan servis yang dikehendaki.

Strategi Tempat – Place . Melibatkan keputusan penempatan produk supaya product tersebut mudah di dapat oleh pengguna.

Strategi Harga - Price. Melibatkan keputusan meletakkan harga bagi produk dan dikenalpasti sama ada produk tersebut dapat dijual dan samada jualannya menguntungkan.

Strategi Promosi - Promotion. Melibatkan teknik atau elemen yang tertentu dalam menjual produk kepada pengguna.

Penerapan dan aplikasi 4 P untuk seorang sales person yaitu :

Product = Tentukan diri kita ingin menjadi seorang sales person seperti apa dulu. ( Sales person yang jago canvasing? Sales person yang jago presentation? Sales person yang rajin menyapa klien setiap pagi? Sales person yang selalu tampil rapih dan wangi?
 Dalam hal ini banyak cara yang bisa di buat untuk memulai perbedaan di antara sekian banyak kompetitor kita )
Bayangkan ketika kita melihat sebuah product, yang pertama kali kita lihat adalah Bungkusnya serta kemasannya… Intinya bagaimana cara mengkomunikasikan siapa diri kita. Yang harus di ingat bahwa pembentukan image dan karakter tidak terlepas dari jati diri kita melakukan sebuah perubahan, dalam hal ini adalah knowledge, skill, n attitude kita…

Contoh: Misalkan kalo barang yang kita jual , Calon konsumen – prospect - kliennya senang dengan sales person yang rapih maka berdandanlah bagaikan seorang executive .

Price = Harga disini bukan berarti kita di labelkan dengan sebuah harga dan di perjual belikanakan tetapi seberapa besar kita memiliki sebuah  value atau arti penting bagi product atau barang yang kita jual Karena value tersebut akan menjadi alas an utama target Calon konsumen – prospect – klien kita membeli barang yang kita tawarkan . ( Dalam hal ini seorang sales person di tuntut untuk menjadi solusi akan kebutuhan klien ). Dengan demikian, Kita harus meningkatkan value kita dengan berbagai cara.

Contoh: kita mengetahui berbagai jenis dan karakter barang dagangan kita berikut productknowledge kompetitor sehingga ketika melakukan penjelasan klien sangat puas. Sehingga apabila klien membutuhan product sejenis yang kita tawarkan, mereka hanya ingat kita saja.

Place = Tempat2 dimana kita dapat bertemu dengan target Calon konsumen – prospect – klien dan dapat mengkomunikasikan diri kita kepada Calon konsumen – prospect - klien…

Contoh: Canvasing atau keliling atau roadshow merupakan sebuah kewajiban seorang sales person. Karena hal tersebut membuka sebuah peluang kepada sales person untuk bertemu langsung para Calon konsumen – prospect - klien kemudian manfaatkan peluang tersebut dengan berpromosi – presentasi – dagang – jualan .

Promotion = Cara Seorang Sales person mengkomunikasikan diri kepada Calon konsumen – prospect - klien
Banyak Hal yang bisa sales person lakukan jika ingin meyakinkan Calon konsumen – prospect - klien bahwa tidak pernah salah memilih kita sebagai solusi dan partner. Lakukan hal ini sebagai pemicu dan langkah awal untuk menarik perhatian para Calon konsumen – prospect – klien. Buat perbedaan cara bagaimana berpromosi. Setiap sales person memiliki cara dan identitas serta gaya masing masing. Dan itu akan di adaptasi dengan kondisi para Calon konsumen – prospect – klien.

Tinggal pintar pintarnya kita melihat behaviour / prilaku para Calon konsumen – prospect – klien. ( Gampangnya kita harus liat dulu senengnya Calon konsumen – prospect – klien seperti apa. )

Kini saatnya kita buat perubahan dalam hidup kita, jangan biarkan kita hanya menjadi seorang sales person yang biasa biasa saja. Karena saya yakin setiap sales person PASTI memiliki kelebihan masing masing..

Percayalah bahwa perubahan itu tidak akan terjadi tanpa di mulai..

Selamat Menjalani Hari Ini, Selamat berjualan


Ali Busro
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”

Simak Infonya berikut ini :

Klik :



INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES

PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO

MAU TAU PRODUK LAINNYA

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189

NOVEMBER 2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar