Rabu, 17 November 2010

Perbedaan antara Tenaga penjual Kacangan dengan yang Profesional

Dear colleagues and friends

Pada dasarnya semua tenaga penjual atau yang sering di sebut sebagai sales person seperti pedagang, sales executive, account executive , relationship officer memiliki tugas pokok yang sama, yaitu sama sama menjual sebuah product atau jasa.

Namun dalam menjalani misi dan tugasnya para sales person sering kali menggunakan berbagai cara dan strategy yang berbeda. Mulai dari strategy nekad dan kepepet, strategy  bulldoser yang asal tembak siapa saja dengan bermodal mental baja , dan ada pula yang menjadi waitress alias menunggu bola dateng atau hanya taking order saja. Berbagai macam dan cara bisa di lakukan seorang sales person hanya untuk sebuah deal atau closing.

Berbicara mengenai cara dan strategy seorang sales person di lapangan tersebut, Tanpa di sadari telah membentuk karakter seorang sales person itu sendiri. Dalam melakukan proses penjualan sering kali seorang sales person tidak di modali dengan pengetahuan yang cukup bagaimana cara menjual yang baik dan benar serta tepat sasaran. Sehingga hasil yang di harapkan dari seorang sales person tidak sesuai , biasanya kita sering menyebut dengan istilah dibiarkan seperti anak ayam keluar kandang.

Oleh sebab itu identitas atau image yang terbentuk dari seorang tenaga penjual atau sales person bisa menjadi buruk. Akibatnya terbentuklah sebuah image bahwa Menjadi seorang sales person bagai seseorang dengan jenis pekerjaan yang menakutkan, pekerjaan yang tidak aman dan tidak punya masa depan , sampai ke sebuah titik bahwa menjadi seorang sales person  tidak lepas dari pekerjaan yang di kasihani serta di rendahkan oleh banyak orang.

Kalau sudah demikian bagaimana bisa seorang sales person berhasil menjual productnya?

Seorang sales person bagaikan seorang infanteri di kesatuan tempur. Sales person merupakan pasukan baris depan. Yang selalu siap tempur dengan 2 pilihan yaitu selamat kembali ke barak atau tewas di medan pertempuran. Oleh sebab itu seorang sales person harus memiliki strategy dan persenjataan yang baik untuk menang.

Sebagai bahan motivasi, coba kita lihat dari begitu banyaknya jenderal dan panglima yang memimpin pasukan tempur berasal dari kesatuan infanteri. Artinya begitu juga para CEO , Pengusaha dan top level lainnya mereka hampir sebagian besar berasal dari divisi sales atau paling tidak PASTI mereka memiliki jiwa dan kemampuan sebagai sales person.

Sebenarnya  apa dan bagaimana Perbedaan antara Tenaga penjual – Sales person – yang Kacangan dengan Tenaga penjual – Sales person – yang Profesional ?

Tenaga penjual – Sales person – yang Kacangan :
  • Hanya bermental baja tanpa strategy (Hard worker , No smart worker )
  • Menempatkan diri hanya sebatas kacung atau posisi dibawah sedangkan prospect / klien / calon konsumen yang berposisi sebagai seorang raja atau posisi diatas
  • Tidak pernah cari tahu mengenai kebutuhan prospect / klien / calon konsumen
  • Negoisasi berjualan dengan cara memaksa
  • Tidak bisa memilih prospect / klien / calon konsumen dengan skala prioritas tetapi asal nembak , siapa saja di tawarin
  • Ber penampilan yang tidak sesuai dengan image ( contohnya jualan mainan tidak perlu memakai dasi? Jualan product bank jangan memakai pakaian casual )
  • Tidak memberikan kesempatan kepada prospect / klien / calon konsumen Tanpa memahami situasi yang terjadi, prospect / klien / calon konsumen selalu di serang bertubi tubi dengan penjualan tanpa memberikan suasana cair. ( Satu Arah pembicaraan )
  • Hanya Selalu berpikir untung sesaat
  • Selalu mengangkat productnya paling bagus, dan menjelek jelekan kompetitor atau pesaing.
  • Tidak mengenal waktu prospecting. ( Time Management )
  • Menggunakan bahasa yang hanya di mengerti sendiri

Tenaga penjual – Sales person – yang Profesional :
  • Kerja pintar, kerja keras ( Double Perfect )
  • Memposisikan prospect / klien / calon konsumen sebagai Teman atau partner yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
  • Mengetahui kebutuhan prospect / klien / calon konsumen
  • Negoisasi berjualan dengan cara memberikan solusi
  • Menentukan prospect / klien / calon konsumen secara tepat sasaran sesuai dengan target market productnya
  • Ber penampilan yang di sesuaikan dengan image product
  • Pintar memahami situasi prospect dengan cepat, selalu memulai proses penjualan dengan ice breaking dan membuat suasana cair.Terbuka untuk diskusi kepada prospect / klien / calon konsumen ( Dua arah pembicaraan )
  • Selalu berpikir positif dan jangka panjang
  • Memberikan penjelasan, pandangan dan diferensiasi yang jelas mengenai productnya .
  • Selalu mencari , mempelajari , menganalisa waktu yang tepat dan kesempatan yang pas untuk presentasi kepada prospect / klien / calon konsumen .
  • Menggunakan bahasa yang baik dan mudah di mengerti oleh prospect / klien / calon konsumen sehingga bisa di serap oleh prospect / klien / calon konsumen.

Perbedaan di atas hanya sebagian kecil aja yang sering kita alami dalam menjalankan tugas sebagai seorang sales person. Semoga  pemahaman kita mengenai perbedaan tersebut bisa menjadikan kita sebagai sales person yang baik dan yang paling penting bisa menjual sesuai dengan target.

Untuk Tips dan Trick, bisa dilihat pada tulisan saya berikutnya. semoga ini bisa menjadi bekal kita menjadi seorang sales person yang handal di bidangnya masing masing.  

Nah selanjutnya kita pikirkan , apakah Mau Deal hari ini? Mau Closing Hari Ini? Mau dapat poin hari ini ?

Dengan hati yang tulus di sertai semangat untuk mengangkat profesi ” SALES PERSON ” .Ada baiknya kita selalu belajar , buka mata, buka telinga, terus bergerak dan saling mengisi , mengasah pengetahuan pengetahuan KITA sebagai seorang sales person. Tidak lupa bahwa kita sebagai orang lapangan akan selalu di tuntut untuk bergerak cepat, kreatif dan selalu tampil berani serta tidak mudah menyerah..

Selamat Menjalani Hari ini, Selamat Berjualan!



Ali Busro
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”

Simak Infonya berikut ini :

Klik :



INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES

PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO

MAU TAU PRODUK LAINNYA

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189

NOVEMBER 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar