Minggu, 21 November 2010

Joe Girard - World's Greatest Salesman

Dear Colleagues and friends

Seorang sales person membutuhkan panutan atau Role model sebagai acuan dan motivasi dalam melangkah. Banyak Role model atau panutan yang bisa di jadikan sumber inspirasi dan ilham dalam melakukan proses penjualan.

Salah satunya kita bisa mendapat ilham dari sosok tangguh joe girard sang salesman mobil terhebat yang pernah ada...

Joe Girard adalah seorang sales mobil pada tahun 1960-1970 di Detroit, AS. Ia dicatat dapat menjual lebih banyak tipe mobil yang sama dengan harga yang sama kepada pelanggan dibanding sales lain. Pada puncak kariernya, jika Anda ingin membeli mobil dari Joe Girard, Anda harus membuat janji 2 minggu sebelumnya. Pada hari-H ketika Anda datang ke showroom, akan begitu banyak orang di sana, dan Anda harus mengambil nomor antrian untuk mendapat giliran. Kemudian ia dinobatkan sebagai “sales terhebat di dunia” oleh Guinness Book of World Records.

Sebelum dinobatkan, kesuksesan Joe Girard diaudit terlebih dahulu oleh orang-orang dari Guinnes Books. Mereka menemukan bahwa semua mobil yang diakui telah dijualnya sebenarnya terjual secara pribadi oleh Joe Girard. Sebagai tambahan, yang lebih mengagumkan adalah para pelanggan yang membeli mobil darinya 3 tahun yang lalu masih mengingat namanya. Tidak sebagian, melainkan semua dari mereka ingat namanya secara otomatis dan penuh kasih. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Joe Girard mempunyai sistem follow-up yang sangat sukses dalam dunia sales. Bahkan, sistem ini menjadi bidang studi di Harvard Business School.
Joe Girard mengirim kartu ucapan ke setiap pelanggannya tidak hanya pada Tahun Baru, Natal, dan ulangtahun mereka, namun setiap bulan! Pada bulan Januari, ia mengirim kartu ucapan Selamat Tahun Baru untuk mereka. Di dalam kartu itu, ia juga memberi sebuah stiker “I Like You (Aku suka kamu)”. Pada bulan Februari, ia mengirim mereka kartu Valentine, juga dengan sebuah stiker “I Like You”. Pada bulan Maret, ia bakal mengirim sebuah surat yang bertemakan hari raya lokal yang jatuh pada bulan itu kepada mereka, kembali dengan stiker “I Like You”. Ia melakukan ini setiap bulan. Kartu yang ia kirimkan bukanlah kartu biasa, melainkan kartu yang lucu dan menggemaskan, yang membuat para penerima ketawa. Ketika para pelanggannya mengadakan acara pertemuan keluarga atau teman, seringkali kartu ucapannya menjadi topik pembahasan dan orang lain mulai mengetahui tentang sales hebat bernama Joe Girard.

Dengan sistem kartu ini, Joe Girard mengingatkan para pelanggannya, “Hei, saya masih di sini, saya masih menjual mobil, saya sangat senang jika Anda kembali membeli mobil dari saya, atau jika Anda punya kerabat atau teman untuk membeli mobil dari saya.” Dengan sistem kartu ini, Joe Girard “memasuki” ruang tamu setiap pelanggannya, setiap bulan, tanpa secara fisik hadir di rumah mereka masing-masing. Dengan sistem kartu ini, Joe Girard menjadi bahan pembicaraan di antara pelanggannya dan teman-teman mereka berbulan-bulan lamanya, dan kapanpun. Iklan yang amat positif dan pemberitahuan yang efektif. Apa yang lebih hebat dari itu?

Bagaimana apakah sudah mendapat ilham dengan kehebatan Joe Girard…

Selamat Menjalani Hari, Selamat Berjualan



Ali Busro
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”

Simak Infonya berikut ini :

Klik :



INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES

PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO

MAU TAU PRODUK LAINNYA

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189

NOVEMBER 2012

2 komentar:

  1. belajar hal yang baru dari joe girard cukup menyenangkan.saya ingin belajar dari dia

    BalasHapus
  2. Mantap ..saya juga banyak belajar dari beliau. Simak terus ya blog ini, semoga bermanfaat..

    Salam Sukses Selalu

    Ali Busro

    BalasHapus