Senin, 27 Desember 2010

Cara Sukses iklan di RADIO :: Secangkir Kopi Ala Ali Busro ::

Dear Colleagues and friends

Bagaimana Sebuah iklan di Radio dikatakan berhasil ? Para advertiser akan mengatakan iklan mereka berhasil jika mencapai tujuannya. Soal tujuan tidak selalu hanya untuk meningkatkan penjualan, bisa agar awareness pembeli meningkat, atau demi meningkatkan citra produk. Oleh karena itu, penting bagi sebuah iklan di radio, untuk memiliki  pesan yang focus dan mudah di mengerti. Tanpa itu, yang bisa terjadi adalah tidak jelas atau kaburnya pesan yang hendak disampaikan.

Kesepuluh kunci iklan terpenting di bawah ini perlu selalu anda perhatikan ketika membuat sebuah iklan Radio

Headline. Headline merupakan salah satu titik iklan terpenting. Headline yang kuat dan mampu menarik perhatian orang yang melihatnya sangat menentukan keberhasilan sebuah iklan. Bahkan sebuah riset menyebut peranan headline bisa mencapai 75 persen sebagai faktor sukses sebuah iklan.
Bagaimana headline yang baik? Headline bisa menekankan pada keunggulan produk atau bisa dengan memancing keingintahuan calon pembeli. Terkait soal headline

Penawaran yang Dahsyat. Kunci berikut iklan efektif adalah adanya penawaran yang dahsyat. Misal, anda memberikan potongan harga 75% bagi 500 pembeli pertama. Dan, bukan cuma itu saja. Anda pun memberikan bonus-bonus menarik untuk mereka yang memesan produk pada 10 jam pertama sejak produk dilaunching. 
Tekankan Keunggulan Anda. Kenapa pembeli harus membeli produk dari anda dan bukan dari produk kompetitor anda? Itu pertanyaan kuncinya. Oleh karena itu penting untuk menekankan keunggulan yang anda miliki. Sebagai contoh misal anda mampu melayani dengan lebih cepat serta jaringan yang terbesar.

Buat Menyerupai Konten. Rata-rata orang lebih suka mendengar konten yang informatif daripada harus mendengar sebuah iklan. Untuk itu kita bisa mengatasinya dengan review sebuah produk.

Sampaikan Keuntungan Konsumen. Ingat selalu untuk menyampaikan keuntungan yang diperoleh prospek jika membeli produk anda. Soal keuntungan, itulah kuncinya. Eksplorasi itu dalam iklan anda.

Call to ACTION Di Radio, orang di bentuk untuk menggambarkan imajinasi melalui suara. Jangan lupa untuk membubuhkan kalimat call to action (CTA) di setiap penawaran anda. Seperti kalimat “telphone di sini”, “gabung sekarang”, atau “sms ini”. Kalimat CTA harus jelas agar orang langsung paham apa yang harus dilakukan.

Hilangkan Resiko Semua orang akan berpikir lebih panjang sebelum melakukan pembelian atau perintah apapun dalam pesan iklan anda bila masih ada resiko. Minimalkan atau bahkan hilangkan resiko itu. Bagaimana caranya? Ada tiga. Berikan garansi,  melakukan insert testimonial, serta tunjukkan data dan fakta. Ketiganya selain membuat resiko yang dipandang calon pembeli mengecil, juga akan kepercayaan konsumen anda.

Kepepet Secara umum manusia cenderung malas atau suka menunda. Tidak jarang ketika  kondisi kepepet baru melakukannya. Untuk mengatasinya anda bisa buat situasi kepepet dalam iklan anda. Seperti misalnya memberikan batas waktu atau membatasi jumlah pembeli produk anda. Sebagai contoh misal anda bisa katakan ”penawaran ini hanya untuk 25 orang saja”. Pasti mereka akan berebut untuk segera mendapatkan produk anda.

Buat Mudah Sedikit saja prospek merasa ada kesulitan untuk memesan produk anda, bisa saja mereka membatalkan pemesanan. Buka semua jalur pemesanan untuk mempermudah prospek dalam memesan. Jangan hanya lewat email, gunakan juga telpon atau SMS. Hampir semua orang sekarang memiliki handphone dan mungkin merasa lebih mudah untuk menekan tombol handphone daripada keyboard komputer. Dalam iklan, anda bisa masukkan nomer telepon anda.

Tampilkan suara, musik yang Menyedot Perhatian Di materi spot khususnya, anda bisa tampilkan lagu, suara, dan script yang memikat untuk menyedot perhatian pengunjung. Suara dan lagu yang menarik tentu akan lebih mudah untuk di dengar.

Ada tiga tips tambahan khusus dalam spot iklan Pertama, script yang menarik, lagu atau backsound yang memikat, dan kalimat call to action yang menghentak.

Opening jingle iklan yang pertama kali berfungsi menarik perhatian, kemudian gaya bahasa penyampaian content serta voive over yang akan menambah ketertarikan pendengar, serta kalimat call to action yang membuat mereka ingin membeli. Namun dalam pemilihan back sound jangan sampai kemudian mengalahkan pesan utama iklan yang ingin di sampaikan.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam beriklan. Selalu tes dan ukur hasilnya. Bila belum berhasil, lihat kembali penempatan radio, apakah radio yang di gunakan sudah sesuai dengan segmentasinya?. Perbaiki dan jangan ragu untuk memindahkan radio . Penting juga untuk membuat beberapa variasi iklan dengan mengkombinasikan beberapa kunci iklan sukses di atas.

Selamat beriklan di radio kesayangan anda...

Ali Busro

KATALOG PRODUK DAN PELUANG USAHA PT.VICTORY COSMETINDO
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES
PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO
MAU TAU PRODUK LAINNYA
Simak Infonya berikut ini :
Klik :
LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189
NOVEMBER 2012


PT. Victory Cosmetindo
Office : Jl. Keadilan no. 4 – 5, Depok 16434, INDONESIA
Telp: 085218797227 E-mail: sales@victorycosmetindo.com
Website: www.victorycosmetindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar