Jumat, 10 Desember 2010

Format Radio :: Secangkir Kopi ala Alibusro ::

Dear colleagues and friends

Sebuah format radio atau format program menjelaskan keseluruhan konten yang disiarkan di sebuah station radio. Format radio biasanya digunakan sebagai alat pemasaran dan terus berubah.

Radio memiliki format driven yang miliki fungsi sebagai karakter dan identitas dari radio itu sendiri. Biasanya nama format di sesuaikan dengan program yang akan dipilihnya.

Format menjadi menjadi daya tarik tersendiri bagi pengiklan . Karena format bisa menggambarkan karakteristik serta segmentasi dari pendengar radio tersebut.

Ada beberapa format radio yang bisa kita ketahui :

News & Talk
Adalah format atau program acara yang sebagian besar berisikan diskusi yang dipandu oleh pembawa acara atau penyiar mengenai peristiwa aktual atau topik-topik lainnya. Biasanya program perbincangan dilakukan dengan siaran langsung kejadian di lapangan ataupun mengundang nara sumber ke studio atau melakukan pembicaraan dengan narasumber atau pendengar melalui telpon. Pembicara bisa berasal dari berbagai latar belakang keahlian. Kesehatan, pengobatan, politik dan masalah keuangan biasanya menjadi topik yang popular.


Lite Adult Contempory ( Lite AC )
Adalah radio dengan format lagu popular dan rock ringan yang dirilis sepanjang 15 hingga 20 tahun terakhir. Format ini adalah format “Easy Listening” yang tak pernah mati.

Hot Adult Contemporary ( Hot AC )
Radio yang menyiarkan lagu-lagu pop komersial dan rock yang dirilis 15 hingga 20 tahun terakhir, dan dikemas rancak dibandingkan radio Adult Contemporary pada umumnya. Hot AC mengarah pada pendengar secara umum, yang tidak terlalu berkeinginan mendengarkan lagu-lagu baru.
Definisi lain dari “Hot Adult Contemporary” di industri radio adalah radio Adult Contemporary yang menyiarkan banyak lagu-lagu new rock/pop. Tidak ada aturan yang pasti mengenai berapa banyak jumlah lagu baru yang harus diputar untuk menentukan apakah sebuah radio termasuk dalam kategori “CHR” atau “Hot AC”.


Contemporary Hit Radio ( CHR )
Format ini memainkan banyak lagu-lagu populer terkini, baik yang berupa single maupun album. Dalam format ini, yang dikategorikan sebagai “terkini” adalah lagu-lagu yang dirilis dalam satu tahun terakhir. Dengan demikian, CHR lebih tepat disebut sebagai “Current Hit Radio”. Di tahun 50 hingga 80an, format ini dikenal sebagai format TOP 40.
Radio dengan format CHR biasanya menyusun lagu berdasarkan survey dari perusahaan rekaman, permintaan pendengar dan sejumlah tangga lagu kenamaan seperti Billboard Hot 100. Pada bulan Desember 1998, tangga lagu Billboard Hot 100 mulai memasukkan lagu single dan mulai lebih mempertimbangkan frekwensi penyiaran dibandingkan angka penjualan dalam menentukan peringkat sebuah lagu. Kesimpulannya, tangga lagu Billboard Hot 100 dihitung berdasarkan sering tidaknya sebuah lagu diputar di radio CHR, sebaliknya, radio CHR mempertimbangkan susunan lagunya dengan melihat tangga lagu Billboard`s Hot 100.
Radio CHR berkonsentrasi pada jenis musik yang spesifik, seperti Rock atau Urban, atau jenis Rock/Pop/Dance atau R&B/Rap/Dance. Radio CHR bisa saja menyiarkan sejumlah hit yang dirilis sepanjang 10 hingga 15 tahun terakhir, terutama jika kekurangan pasokan lagu-lagu terkini.

Adult Contemporary ( AC )
Adalah format radio yang memainkan lagu pop dan rock yang dirilis dalam kurun waktu 15 hingga 20 tahun terakhir, diperuntukkan bagi seluruh khalayak pendengar, khususnya bagi mereka yang tidak hanya tertarik mendengarkan lagu-lagu terkini. Susunan lagu pada radio dengan format AC lebih banyak memutar lagu-lagu yang mapan / established serta tidak terlalu banyak memutar lagu-lagu yang terlalu lama dan hit terkini.

Adult Album Alternative ( AAA )
Format radio yang sebagian besar siarannya memainkan musik-musik masa kini yang lebih diperuntukkan untuk memenuhi selera pendengar dewasa dibandingkan remaja. Meskipun memiliki cakupan pilihan jenis lagu yang lebih luas, namun format AAA sangat bergantung pada lagu single atau album yang dirilis, mengingat tidak semua lagu yang dirilis diperuntukkan oleh pendengar dewasa. Jenis lagu yang biasa diputar adalah jenis rock, folk-rock, country-rock, modern rock, blues, folk, and world music. Lagu jenis adult-oriented rock pada radio AAA disebut sebagai “Progressive Rock”, sama seperti sebutan bagi lagu-lagu rock di era 70an.


Pada dasarnya Masih banyak format musik lain yang populer, termasuk Jazz, Classical, Spanish, dan Country. Di sejumlah wilayah di Amerika, jenis-jenis musik tersebut sudah termasuk sebagai sub kategori format-format siaran di atas.

Sumber :



Sekapur sirih “ Secangkir Kopi ala ali busro – Media Radio Dan Dunianya”

Dengan pengalaman melintang di dunia media Radio, Secangkir kopi ala Ali Busro akan selalu siap untuk membantu para kolega mengenai seputar Media Radio dan dunianya.

Apabila para kolega ingin berkonsultasi mengenai berbagai hal mengenai media radio dan dunianya baik itu STRATEGY BERIKLAN DI RADIO yang EFEKTIF  termasuk di antaranya konsultasi bagaimana mimilih radio, penempatan iklan di media radio dengan segmntasinya masing masing yang sesuai, pembuatan script adlibs- spot  iklan , liputan atau live report serta Rundown atau susunan acara talkshow di radio dengan durasi 1 jam. Semua konsultasidi persilahkan dan  GRATIS ( Tidak ada biaya apapun )

Nikmati terus sajian khas berselera Secangkir kopi ala Ali Busro , Berbagai motivasi, tips dan trik seputar dunia penjualan, Radio dan dunianya , info product dan promosi serta berbagai cerita pengalaman sukses dari orang orang terkenal. Semua di rangkum di dalam Alibusro.blogspot.com…

Selamat Menjalani hari, selamat bekerja


Ali Busro
INGIN TAHU BAGAIMANA “ CARA MENGATASI RAMBUT UBAN ?”

Simak Infonya berikut ini :

Klik :



INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG DALAM SEBULAN ?

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


PUNYA MASALAH DENGAN STRESS, KANKER, STROKE, DIABETES

PERNAH MENIKMATI SENSASI TEH PUTIH

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


ITULAH SALAH SATU PRODUK PT.VICTORY COSMETINDO

MAU TAU PRODUK LAINNYA

Simak Infonya berikut ini :

Klik :


LIPUTAN PRODUK JETTSTREE HAIR MASK DI TABLOID SKALA NASIONAL
TABLOID AGRINA EDISI 189

NOVEMBER 2012


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar